Tips Jalan – Jalan ke Tanjung Puting

Kalimantan tengah sangat elok sekali pemandangan alamnya, hutan yang lebat dengan spesies fauna yang beraneka ragam. Ayo kita tengok sejenak ke salah satu destinasi favorit di Kalimantan Tengah yaitu Tanjung Puting. Berkunjung di tempat ini mungkin bisa menjadi destinasi liburan yang bisa kalian kenang sepanjang masa, karena selain liburan kalian bisa berkesempatan belajar tentang konservasi alam. Melihat Orang Utan di kebun binatang tentu tidak seru melihatnya, tetapi coba kalian berlibur ke Tanjung Puting, kalian bisa melihat langsung di tempat ekosistem Orang Utan terbesar di dunia dari atas klotok di sepanjang sungai Sekonyer di Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Banyak warga mancanegara berkunjung kesini hanya ingin melihat kehidupan dan kebiasaan Orang Utan di alam bebas.

Banyak paket wisata di Tanjung Puting yang menawarkan pengalaman berlayar diatas klotok sambil mengunjungi pusat rehabilitasi Orang utan, seperti Tanjung Harapan, Camp Leakey dan Pondok Tanguy. Tanjung Puting merupakan salah satu lokasi pertama di Indonesia sebagai pusat rehabilitasi Orang Utan. Hal ini bertujuan untuk melatih orang utan bekas tangkapan atupun bekas peliharaan orang untuk cepat tangkap kembali di alam bebas.

Bagi kalian yang ingin menghabiskan liburan di tanjung Puting sekaligus mengarungi sungai Sekonyer beberapa hari, kalian bisa tidur, makan di klotok atau kapal. Ada beberapa tips apabila kalian jalan – jalan ke Tanjung puting.

  • Berwisata ke Tanjung Puting idealnya membutuhkan waktu sampai empat hari tiga malam, kalian bisa menyewa kapal atau klotok di pelabuhan Kumai.
  • Untuk kenyamanan perjalanan, armada klotok yang berukuran standar hanya dapat menampung maksimal empat orang dan biasanya tidur di dek atas klotok.
  • Setiap armada klotok terdapat, seorang nahkoda, juru masak dan pemandu lokal yang akan menempati ruangan di dek bawah.
  • Bila saat berjalan ke hutan, usahakan memakai pakaian yang warnanya terang agar tidak menarik perhatian para nyamuk.
  • Oleskan krim anti nyamuk yang mengandung DEET tinggi.
  • Sebelum jelajah hutan, minumlah pil anti malaria.
  • Tidak ada sigyal disini, jadi buat kalian yang tidak bisa hidup dengan hanphone siap – siap saja akan stres mendadak.
  • Jangan buang sampah sembarangan kalau tidak mau kaya orang utan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here