9 Situs Menyelam Favorit di Pulau Weh

Kalau jalan – jalan ke Pulau Weh, belum merasakan serunya menyelam di perairan Pulau Weh, bisa jadi kalian dikatakan belum pernah kesini. Buat kalian para traveler yang suka kegiatan menyelam inilah 9 situs menyelam favorit di Pulau Weh yang perlu kalian coba.

  1. Arus Balee

Ini merupakan area sempit di sekitar puncak gunung batu di antara Pulau Seuloka dan Rubiah yang sering disapu arus kencang. Nama Arus Balee merupakan plesetan dari bahasa Aceh yang berati arus sialan, karena disini arus sangat kencang saking kencangnya bisa membuat penyelam kehilangan kontrol dan harus mencengkram batu untuk menungu arus berlalu. Karena arusnya keras biasanya tampak sering terlihat hiu mencari makan.

  • Batee Tokong

Bagi penyelam yang suda menyelam di Pulua Weh biasanya memfavoritkan situs ini. Situs Batee Tokong yang artinya batu tengah dalam bahasa setempat. Batu setinggi 20 meter di slope sedalam maksimal 40 meter yang tertutup kipas gorgonia ini dijuluki sebagai Kota Moray dengan berbagai spesies belut moray.

  • Shark Plateau

Bagian utara Batee Tokong di kedalaman 24 – 28 meter terdapat tempat beberapa spesies hiu karang mencar mangsa, selain kakap hitam, trevali raksasa dan barakuda yang juga berputar – putar disini.

  • Seulako’s Drift

Hanya untuk penyelam berpengalaman saja, operator selam menjadwalkan perjalanan ke situs ini ketika arus sedang kuat – kuatnya agar penyelam dapat terbang di sepanjang dinding karang yang dihiasi kipas gorgoian aneka warna.

  • Batee Gla

Situs ini berupa formasi bebatuan raksasa yang mencapai kedalaman 40 meter. Berenang melewati celah sempit di antara dua batu raksasa adalah pengalaman seru yang perlu kalian coba.

  • Pantee Anuek Seuke

Pantee Anuek Seuke bisa disebut juga The Canyon oleh operator lokal. Jika arus mengarah ke utara, maka penyelam akan memulai dari selatan bermula dari gua di kedalaman 29 meter yang ditumbuhi kipas gorgonia. Di kawasan ini sering dijumpai kawanan barakuda.

  • Rubiah Sea Garden

Mulai dari kedalaman 10 meter hingga ke dasar pasir dikedalaman 50 meter, area yang didominasi batu dan dipenuhi koral keras beranting berwana hijau ini merupakan tempat untuk penyelam melakukan check dive.

  • Sabang Wreck

Dibawah air pelabuhan Sabang, tepatnya dikedalaman 14 meter terdapat bangkai kapal uap yang kini menjadi habitat berbagai biota laut. Karena dangkal, maka bangkai kapal ini dapat diselami oleh penyelam dengan semua level. Bila menyelam di Sabang Wreck pemandu biasanya akan meminta penyelam menyisakan 70 bar udara dari 200 bar di tabung karena setelah menyelam di Sabang Wreck, kalian akan diajak kembali menyelam ke sebuah situs gunung api dawah air di Pia Laot yang unik dan berjarak sekitar 15 menit dari Sabang Wreck.

  • Bangkai Kapal Sophie Rickmers

Kapal sepanjang 134 meter yang dibangun pada tahun 1920 di Jerman ini sengaja ditenggelamkan bersama seluruh awaknya pada Mei 1940, kini teronggok di Teluk Pria Laot. Berada diposisi vertikal, ruangan kemudinya berada dikedalaman 37 meter, sedangkan deknya di kedalaman 45 meter dan bagian belakangnya di kedalaman 55 meter semuanya sekarang sudah rata ditutup koral.

Nah itu merupakan 9 situs menyelam favorit di Pulau Weh, semoga bisa menjadi tempat refrensi buat kalian yang suka aktivitas menyelam. Semoga bermanfaat…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here