9 Wisata Yang Perlu Dikunjungi di Medan

Medan didominasi etnis melayu, selain Tiongkok, India, Batak, Jawa dan Minangkabau. Kota multikultur ini menjadi salah satu destinasi unggulan untuk wisata kuliner. Banyak wisata yang perlu dikunjungi di Medan selain berburu wisata kuliner di Medan. Ini merupakan salah satu 9 wisata yang perlu dikunjungi di Medan.

  1. Rumah Tjong A Fie

9 Wisata Yang Perlu Dikunjungi di Medan 9 Wisata Yang Perlu Dikunjungi di Medan

Rumah Tjong A Fie berada di kawasan yang merupakan kawasan kota tua di Medan, rumah ini merupakan kediaman seorang saudagar kaya asal Tiongkok yang turut membangun kota ini . Dibangun pada tahun 1895, rumah ini memiliki ornamen dan ukiran – ukiran cantik yang memadukan elemen bergaya Tiongkok, Melayu dan Eropa. Di Rumah Tjong A Fie di buka untuk umum dan buka setiap hari kecuali hari libur nasional mulai pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB dengan harga tiket masuk sekitar Rp 35.000 per orang sudah termasuk pemandu yang mengajak kalian berkeliling di Rumah Tjong A Fie yang dilengkapi galeri foto, butik dan cafe.

  1. Kesawan

9 Wisata Yang Perlu Dikunjungi di Medan

Memiliki berbagai keragaman bangunan tua yang sempurna untuk menjadi objek fotografi ini dikenal oleh sebagaian orang sebagai Kampung Kesawan. Dahulu Kampung Kesawan dihuni oleh suku etnis melayu, namun kemudian berdatanglah orang – orang Tionghoa dari Malaka dan Tiongkok. Setelah terjadi kebakaran besar melahap sebagian rumah – rumah kayu di Kawana pada tahun 1889, warga Tionghoa membangun ruko dua lantai yang masih tersisa hingga kini, termasuk Gedung PT. London Sumatera dengan ciri rumah Eropa di akhir abad 19, daerah kesawan direkomendasikan buat kalian yang suka traveling berburu fotografi, Kampung Kesawan bisa menjadi wisata yang perlu dikunjungi di Medan.

  1. Kuli Shri Mariamman

9 Wisata Yang Perlu Dikunjungi di Medan

Kuil Hindu tertua di Medan yang dibangun oleh pemuda Tamil pada tahun 1884 yang digunakan untuk memuja Dewi Shri Mariamman ini selalu ramai pengunjung setiap perayaan Depavali, Holi dan upacara keagamaan lainnya. Kuli Shri Mariamman terletak di kawasan perumahan yang mayoritas penduduknya beretnis India. Kalian dapat datang kesini pada pukul 06.00 WIB hingga 12.00 WIB dan pada pukul 16.00 WIB hingga 20.00 WIB tanpa biaya masuk, namun tetap harus berpakaian sopan dan menjaga ketenangan agar tidak mengganggu jalannya ibadah.

  1. Istana Maimun

9 Wisata Yang Perlu Dikunjungi di Medan

Siapa pun yang melintas Jalan Brigjen Katamso akan mendapati bangunan yang tampak menonjol dengan dominasi warna kuning keemasan serta perpaduan arsitektur dari Melayu, Mogul, Timur Tengah, Spanyol, India dan Belanda, yang bisa warga setempat menyebutnya Istana Maimun. Dibangun pada tahun 1888, para ahli waris kesultanan Deli yang hingga kini masih ada meski beliau tidak memiliki kekuatan politik masih menghuni istana Maimun. Walaupun demikian di Istana Maimun masih bisa dikunjungi bagi pengunjung untuk melihat berbagai peninggalan, seperti foto keluarga sultan, perabotan kuno, beragam jenis senjata dan sebuah meriam buntung yang dipercaya sebagai jelmaan dari seorang pangeran saat Kerajaan Aru berperang melawan Kerajaan Aceh.

  1. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

9 Wisata Yang Perlu Dikunjungi di Medan

Penangkaran Buaya Asam Kumbang merupakan taman penangkaran buaya terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara dengan lebih dari 2.500 ekor buaya dengan beragam ukuran, termasuk buaya yang sudah berumur 40 tahun lebih. Letak penangkaran buaya ini berada di Jl Bunga Raya atau lima kilometer dari pusat kota Medan. Tiket masuk kepenangkaran buaya ini sekitar Rp 5.000 per orang dan pada tiap jam – jam tertentu terdapat atraksi memberi makan para buaya dengan bebek dan ayam.

  1. Air terjun Sipiso – Piso

9 Wisata Yang Perlu Dikunjungi di Medan

Asal dinamai Sipiso – Piso yaitu diambil dari kata “pisau” karena pada kolam air terjun ini menyerupai pisau apabila dilihat dari ketinggian. Berada di Desa Tangging ini menjadi salah satu air terjun terbesar di Indonesia.

  1. Sibolga

9 Wisata Yang Perlu Dikunjungi di Medan

 

Kota mungil di pesisir Kabupaten Tapanuli Tengah Medan ini dapat diakses dengan berkendara sekitar 12 jam dari Medan. Disini terdapat pantai yang biasa masyarakat sekitar menyebutnya Pantai Pandan yang selalu ramai dikunjungi, karena menawarkan hamparan pasir putih dan dapat bersantai menikmati matahari terbenam.

  1. Rahmat Internasional Wildlife Museum & Gallery

9 Wisata Yang Perlu Dikunjungi di Medan

Berlokasi di Jl Letjen S Parman no 309, ini merupakan galeri satwa bertaraf internasional tebesar di Asia yang memiliki 2.000 koleksi spesies hewan yang diawetkan dari berbagai penjuru dunia yang berasal dari pemburuan legal. Tiket masuk museum sekitar Rp 32.000 per orang, pengunjung akan didampingi pemandu untuk melihat berbagai macam koleksi museum. Pemilik museum ini adalah Rahmat Shah yang merupakan pengusaha dan pemburu profesional.

  1. Graha Maria Anni Velangkanni

9 Wisata Yang Perlu Dikunjungi di Medan

Walapun tampak seperti mrip kuli hindu, bangunan ini merupakan gereja khatolik yang mengadaptasi arsitek Indo Mogul. Lantai dasar berupa aula, tempat ibadahnya di balkon dengan belasan jendela kaca patri. Sementara di lantai dua terdapat patung Anni Velangkanni dengan putranya setinggi 2 meter yang didatangkan khusus dari India. Awalnya dibangun bagi umat khatolik Tamil di Medan, tapi sekarang siapa pun boleh datang dan mengunjungi bangunan unik ini.

Itulah sebagian destinasi dari 9 wisata yang perlu dikunujngi di Medan, semoga menjadi pertimbangan list tujuan traveling kalian ke Medan dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *